Inspirasi Desain Rumah Skandinavia 1 Lantai di Lahan 16 x 7 M




Dari berbagai literatur terungkap bahwa rumah Skandinavia terinspirasi dari gaya hidup masyarakat di negara Skandinavia yang banyak berhubungan dengan alam. Misalnya, negara-negara Eropa Utara, yaitu. Norwegia, Swedia, Denmark, Islandia, dan Finlandia.

Kesederhanaan, minimalis, dan fungsionalitas adalah tiga  ciri utama  rumah Skandinavia. Konsep simpel dan minimalis bisa kita temukan misalnya pada dominasi warna-warna netral seperti putih dan abu-abu muda. Alih-alih kesederhanaan, warna netral ini mampu menciptakan kesan yang serba mewah.

·         Apa itu Rumah Skandinavia

·         Prinsip Dasar Rumah Skandinavia

·         Ciri Khas Rumah Skandinavia

·         Contoh Fasad Rumah Skandinavia 1 Lantai

·          Layout Interior Rumah

·         Denah Rumah

Apa itu Rumah Skandinavia?

Rumah Skandinavia adalah gaya hidup sederhana yang diambil dari model bangunan  Eropa Utara atau negara-negara Skandinavia. Konsep konstruksinya biasanya lebih minimalis dan menggunakan warna-warna dasar seperti putih, coklat, hijau, dan lain – lain. Ada tiga hal yang menjadi kekhasan dari gaya Scandinavian, yaitu simplicity (kesederhanaan), minimalism (minimalis), dan functionality (fungsi).

Konsep ini juga cocok dengan selera pecinta gaya minimalis, karena gaya Skandinavia juga lebih mengedepankan “fungsi” daripada sekedar unsur desain. Dimana fasilitas yang ada harus dapat berfungsi dengan baik. Namun tetap dipadukan dengan detail interior yang simpel dan sederhana. Rumah Skandinavia tidak terlalu memedulikan kesempurnaan furnitur, melainkan lebih membatasi jumlah objek, karena rumah Skandinavia biasanya luasnya tidak terlalu besar.

Prinsip Dasar Rumah Skandinavia

Prinsip model rumah bergaya Skandinavia adalah lebih mengembangkan estetika dan mempermudah pemilik hunian untuk menjalani kehidupan kesehariannya Demi memenuhi prinsip tersebut, para desainer interior Skandinavia hanya memasukkan perabot rumah sesuai keperluan saja.

Ciri Khas Rumah Skandinavia

Berbicara mengenai ciri  rumah Skandinavia, penggunaan material natural sangat ditekankan pada desain ini. Anda bisa menggunakan kayu sebagai lantai, tetapi karpet tidak disarankan. Namun, jika tetap ingin menggunakannya, pilih karpet berukuran kecil dan  netral.

Mengingat juga bahwa gaya Skandinavia erat kaitannya dengan desain  terstruktur dan menekankan bentuk geometris seperti lingkaran dan persegi panjang, Anda perlu memilih furnitur yang tepat untuk rumah Anda. Misalnya, gunakan cermin bundar di kamar mandi  atau meja makan  persegi panjang. Selain itu, desain interior rumah Skandinavia ditandai dengan penggunaan elemen kayu yang melimpah. Anda bisa menggunakannya di rumah dengan membeli dapur berpintu kayu atau memilih kursi  makan dari kayu. Selain kayu, kamu juga bisa bermain dengan memadukan unsur logam. Memasang lampu gantung logam di ruang tamu dapat menambah pantulan  indah pada furnitur kayu yang dipernis.

Contoh Fasad Rumah Skandinavia 1 Lantai



Layout Interior Rumah





Denah Rumah




Daftar Pustaka

Rumah.com, Tim Editorial. (2020, September 26). Apa Itu Rumah Scandinavian? Ini Penjelasan, Ciri Khas, dan Contohnya – rumah.com. https://www.rumah.com/panduan-properti/rumah-scandinavian-72284 diakses pada 04, Mei 2023

Helloshabby.com. Desain Rumah Scandinavian 1 Lantai Ukuran 7 x 15 M | 2 Kamar Tidur dan Ruang Open Space yang Lega - Helloshabby.com. https://www.helloshabby.com/2021/11/desain-rumah-scandinavian-1-lantai.html#.ZFM0PdpByM8 diakses pada 04, Mei 2023

Prospeku. (2022, 25 Februari). Desain Rumah Scandinavian Minimalis, Ciri Khas, dan Contoh – Prospeku.com. https://prospeku.com/artikel/rumah-scandinavian---4086 diakses pada 04, Mei 2023



Tidak ada komentar:

Posting Komentar