Mengenal Lebih Dekat Rumah Ramah Lingkungan Karya Mahasiswa Teknik Sipil UNESA


Sadarkah kita?

Jika setiap rumah menghasilkan jejak karbon yang cukup besar. Ditambah kerusakan lingkungan akibat ulah manusia lebih besar dan banyak dibanding kerusakan akibat faktor alam. Sehingga bumi sudah semakin tergerus sedikit demi sedikit. Serta minim rumah sehat dan layak tinggal di Indonesia.

Menurut ibu Nur Hidayati selaku Direktur Eksekutif Wahana Lingkungan Hidup (WALHI) menyatakan "Indonesia merupakan salah satu negara yang aktif menyumbang pemanasan global".

Untuk menjawab dan mengatasi permasalahan tersebut, lahirlah inovasi yang diberi nama MISO HOUSE. 

Apa itu MISO HOUSE?

MISO terdiri dari dua kata, yang pertama adalah "Milenial" identik dengan generasi muda yang kreatif dan inovatif memberikan solusi terbaik disetiap masalah. Yang kedua adalah "Tradisional" mencantumkan ciri arsitektur nusantara di dalam desain mencerminkan nasionalisme, mempertahankan identitas bangsa, dan menjadi pribadi yang menjulang tinggi tapi tidak melupakan akarnya. 

Penasaran dengan konsepnya? mari kita simak infografis MISO HOUSE dibawah ini.


Kesimpulan dari konsep MISO HOUSE adalah rumah dengan konsep modern minimalis ramah lingkungan mampu menjawab dan memberikan solusi atas permasalahan lingkungan yang terjadi di Indonesia. MISO HOUSE juga memenuhi kriteria rumah sehat, seperti terpenuhinya ruang terbuka hijau, sirkulasi udara yang baik, pencahayaan yang cukup, mampu menghemat energi, dan sanitasi yang diperhatikan dengan baik.
Desain MISO HOUSE pernah dilombakan dalam event tahunan ECIVE yang diselenggarakan oleh Institut Teknologi Nasional Malang pada tahun 2022 dan berhasil mendapatkan Juara 1 tingkat Nasional.

Semoga inovasi yang dihadirkan dapat bermanfaat untuk negeri kita tercinta dan dapat memotivasi generasi milenial agar dapat berkontribusi untuk tanah air kita, Indonesia.

"Jangan tanyakan apa yang negara berikan kepadamu. Tapi tanyakan apa yang kamu berikan kepada negaramu".

Terima kasih, sampai jumpa kembali.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar