Perbedaan Karakteristik Rumah Tropis Modern Style dan Rumah Minimalis Amerika Style



Rumah Tropis Modern Style




Letak geografis Indonesia yang berada di garis khatulistiwa membuat cuaca di negara kita biasanya panas dan lembab, sehingga rumah tropis layak menjadi jawaban untuk kenyamanan hidup. Kondisi ini sedikit banyak mempengaruhi desain beberapa rumah. Merancang rumah terbuka dan menggunakan sirkulasi udara adalah salah satu solusi untuk kondisi cuaca yang relatif hangat.

Karakteristik Rumah Tropis Moderen Style

·   Memakai Atap Miring

Perubahan cuaca yang tiba-tiba dan terus menerus menyebabkan masalah serius pada rumah atau bangunan. Itu sebabnya atap pelana digunakan untuk melindungi bangunan dari sinar matahari langsung atau hujan lebat. Biasanya kemiringan atap adalah 30 derajat.

·   Memiliki Banyak Ventilasi

Pemasangan lubang ventilasi pada dinding rumah tropis bekerja dalam proses sirkulasi udara. Selain untuk mengontrol suhu, hal ini juga berguna untuk mencegah jamur menyerang dinding dan furnitur. Bahkan di rumah tropis  minimalis modern, ventilasi  silang sering digunakan untuk mengoptimalkan pernapasan.

·   Memakai Warna Netral

Ada banyak gaya arsitektur tropis yang berbeda, dimana hal itu sangat mempengaruhi pemilihan warna interior dan eksterior rumah. Jika Anda ingin mencoba gaya rumah minimalis tropis yang simpel, Anda bisa menggunakan warna dinding pastel.

Namun pada umumnya rumah tropis modern menggunakan warna-warna yang selaras dengan alam, seperti putih, coklat, hijau, dan lain – lain.

·   Mengusung Konsep Open Space

Konsep rumah terbuka tanpa sekat merupakan ciri  yang tidak bisa diabaikan pada rumah minimalis tropis. Rumah tropis lebih mementingkan unsur keluwesan, kebebasan dan keintiman tanpa dibatasi oleh hambatan yang dapat mengganggu kelancaran aktivitas.


Rumah Minimalis Amerika Style

Dalam dunia arsitektur, pengertian minimalis adalah metode merancang yang estetika dan fungsionalitasnya terpenuhi dengan elemen yang paling mendasar dan esensial. lntensitasnya adalah untuk mengakomodasi kehidupan dengan sederhana, tetapi tetap mengedepankan nilai estetikanya. Minimalis menunjukkan kelurusan, kesederhanaan tekstur, dan penerapan struktur yang logis atau tidak mengada-ada.

Dengan demikian pengertian rumah minimalis adalah rumah yang dibangun dengan konsep struktur yang logis sesuai fungsional yang paling mendasar dan esensial tanpa harus meninggalkan nilai estetikanya.



Pernahkah Anda mendengar konsep desain rumah Amerika Style? Yakni, desain rumah dengan gaya sederhana yang menggunakan material natural, tanpa banyak ukiran dan detail. Konsep rumah ini juga identik dengan warna lembut seperti abu-abu atau pastel. Amerika Style sering dianggap mencerminkan kemewahan dan keanggunan seperti gaya klasik, tetapi perawatannya rendah dan sangat fleksibel. Dengan kata lain, interior Amerika Style mudah dipadukan dengan gaya yang berbeda dan benar-benar dapat menciptakan kesan ruangan yang berkarakter. Istilah ini mengacu pada fitur Amerika yang lebih pedesaan, alami, dan pedesaan.

Karakteristik Rumah Minimalis Amerika Style

·   Penggunaan Material yang Alami

Amerika Style identik dengan penggunaan material natural seperti kayu, batu, dinding yang tidak dicat dan lain-lain. Bahan alami digunakan untuk menciptakan efek gaya pedesaan Amerika yang natural.

·  Palet Warna yang Lembut

Penanda lain dari gaya ini juga ditentukan dari pemilihan palet warna yang lembut atau warna dalam tone yang sama. Contohnya, penggunaan warna all white, soft taupe, champagne, atau warna coklat tua hingga cokelat muda mendekati putih. Warna lembut ini akan sangat cocok dipadukan dengan pemilihan material yang terinspirasi dari alami.

·   Atap Seperti Pelana

Rumah berkonsep Amerika Style dicirikan ddengan atap pelana, biasanya atap rumah berkonsep ini ditumpuk,  tidak hanya itu rumah jenis ini juga memiliki plafon yang cukup tinggi, sehingga dapat memberikan kesan rumah yang luas dan luas.


Daftar Pustaka 

Pengertian Rumah Minimalis. (2017, Agustus 5). Lentera Rumah. Retrieved from https://lenterarumah.com/pengertian-rumah minimalis#:~:text=Dengan%20demikian%20pengertian%20rumah%20minimalis%20adalah%20rumah%20yang,yang%20penggunaan%20material%20tidak%20terlalu%20berlebihan%20atau%20boros

Tim Editor. (2023, Februari 10). 5 Karakteristik Rumah Tropis Modern dan Contoh Desainnya. Rumah123.com. Retrieved from https://www.rumah123.com/panduan-properti/tips-properti-76767-gaya-rumah-tropis-modern-id.html

Tips Membuat Rumah dengan Konsep American Style. (2020, Maret 3). Perantara. Retrieved from https://www.propertypro.co.id/article/250/tips-membuat-rumah-dengan-konsep-american-style.html

Utama, C. (2022, Juli 19). Kupas Tuntas Desain Rumah Tropis Modern yang Cocok dengan Iklim di Indonesia. Rumah123.com. Retrieved from https://artikel.rumah123.com/kupas-tuntas-desain-rumah-tropis-modern-yang-cocok-dengan-iklim-di-indonesia-111400

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar