MENGENAL SOFTWARE SKETCHUP
Apa sih Software Sketchup itu? Apakah sebelumnya kalian
sudah pernah mendengarnya atau bahkan sudah pernah mengoperasikanya
Software sketchup tak hanya populer di kalangan anak arsi
namun juga di teknik sipil juga di butuhkan loh
1.
Pengenalan Software Sketchup
SketchUp adalah program yang digunakan untuk berbagai proyek dan model 3D, seperti
arsitektur, desain interior, arsitektur lanskap, desain video game, dan perencanaan tata ruang. Program ini memberikan hasil utama berupa gambar grafik sketsa tiga dimensi. Software ini sangat berguna untuk membuat atau menggambar objek tiga dimensi dengan perbandingan panjang, lebar atau tinggi. Lebih mudah digunakan daripada menggunakan perangkat lunak lain
2.
Beberapa tools yang ada di Sketchup
1.
Make
Component : Berbeda dengan Group,
Make Component
digunakan untuk menggabungkan
objek satu
kesatuan.
2.
Paint
Bucket : Digunakan untuk
mewarnai atau menyisipkan
material pada objek.
3.
Eraser : Untuk menghapus
gambar atau material.
4.
Rectangle
: Untuk menggambar
objek berbentuk kotak
5.
Line
: Untuk
menggambar garis lurus.
6.
Circle
: Untuk
menggambar objek bulat.
7.
Arc
: Untuk
menggambar setengah lingkaran.
8.
Polygon
: Untuk menggambar
objek segi banyak
9.
Freehand : Untuk menggambar bebas.
10. Move :
Untuk memindahkan objek.
11. Push/Pull :
Untuk mendorong atau mengubah objek menjadi 3
dimensi.
12. Rotate :
Untuk memutar objek.
13. Follow Me : Untuk
mendorong objek yang disesuaikan.
14. Scale :
Untuk mengubah ukuran besar kecil objek yang
diskalakan.
15. Offset : Menduplikasi
garis objek yang disesuaikan.
16. Tape Measure Tool : Digunakan untuk mengukur.
17. Dimension : Digunakan untuk
memberi dimensi pada objek.
18. Protractor : Untuk Ukur sudut
miring Konstruksi dan
menciptakan entitas
Line.
19. Text Tool : Untuk
menyisipkan tulisan.
20. Axes : Memindahkan
atau orientasi sumbu menggambar.
21. 3D Text : Membuat teks 3
dimensi.
22. Orbit : Untuk
memutar pandangan objek.
23. Pan :
Memindahkan pandangan objek secara vertical dan
horizontal
24. Zoom : Untuk
memperbesar atau memperkecil pandangan
objek.
25. Zoom Extents : Untuk memperbesar objek
satu layar.
26. Previous : Undo preview
27. Next : Redo preview
28. Position kamera : Posisi kamera (pandangan Anda)
pada ketinggian
tertentu
atau memeriksa objek saling berhadapan atau berjalan melalui model.
29. Look Around : Pivot kamera (pandangan
Anda) dari titik
stasioner.
30. Walk : Berjalanlah
melalui (tur) model.
31. Section Plane : Buat pemotongan bagian
efek memungkinkan
untuk melihat
geometri dalam model.
3.
Cara Mengoperasikan Software Sketchup
·
Memulai
program SketchUp
Untuk
memulai program grafis Google SketchUp sangatlah mudah, yakni sebagai berikut.
- Klik
2x pada ikon program Google SketchUp pada desktop.
- Setelah
menunggu beberapa saat maka program Google SketchUp akan aktif. Tampilan
awal layar kerja program Google SketchUp akan tampak seperti gambar di
bawah ini
·
Mengatur tampilan Layar Kerja
Saat
program SketchUp dijalankan, tampilan awal layar kerja masih dalam keadaan
kosong, di mana ikon perintah kerja yang akan digunakan untuk membuat desain
rumah dan gambar, belum tampak pada layar kerja.
Untuk
memunculkan perintah-perintah menggambar dan perintah modifikasi, caranya
sebagai berikut:
- Klik
view, pilih Toolbars lalu geser kursor ke kanan, kemudian pilih perintah
yang akan dimunculkan di layar kerja.
- Klik
masing-masing kotak perintah maka akan muncul pada layar kerja misalnya
klik pada item Drawing (perintah menggambar), Modification (perintah
modifikasi), Shadows (membuat bayangan), Viéw (mengubah tampak rumah baik
tampak depany sampingv dan belakang), dan lain-lain.
Dengan
mengikuti perintah di atas maka akan diperoleh tampilan layar kerja yang baru,
ikon-ikon perintah ini yang akan membantu kita membuat desain model sederhana.
·
Membuat line
Perintah kerja Line merupakan perintah kerja yang banyak digunakan dalam proses mendesain objek 3 dimensi. Dengan menggunakan perintah kerja line, kita dapat membuat berbagai bentuk dan dimensi sesuai dengan desain yang kita inginkan seperti membuat gambar kanopi rumah, membuat desain funitur meja, dan desain furniture lemari.
·
Membuat Persegi atau Rectangle
Perintah
menggambar dengan menggunakan persegi atau rectangle merupakan perintah untuk
membuat objek berbentuk kotak. Untuk dimensi kotak bisa dibuat sesuai keinginan
kita. Perintah rectangle bisa digunakan untuk membuat desain pintu, desain
jendela, merancang denah rumah, mendesain pagar rumah dan lain-lain. Untuk
pengoperasiannya pun sangat mudah untuk dipahami.
- klik
ikon rectangle untuk menggunakan tool ini
·
Perintah membuat Push atau Pull
Perintah
kerja Push/Pull digunakan untuk membuat ketinggian dan ketebalan dinding ataupun
suatu Object dengan ukuran tertentu. Kita akan menambah tinggi pada contoh
perintah kerja rectangle tersebut yaitu sebagai berikut:
- Klik
ikon push/Pull atau ketik P
- Klik
pada bidang gambar
- Atur
ketinggian secara manual kemudian klik kiri untuk melepaskan
Untuk
tahap selanjutnya pengguna dapat mengoperasikan sketchup untuk menggambar
rumah,furniture,Gedung,jembatan,dan lain lain
3. Kelebihan penggunaan SketchUp sebagai
digitalisasi perancangan sebuah bangunan secara tiga dimensi adalah :
1. Interface yang sangat menarik dan simple.
2. Mudah digunakan oleh semua orang bahkan untuk
pemula sekalipun.
3. Tools
yang digunakan di dalamnya sangat ramah, sering dijumpai dan mudah untuk
diingat.
4. Banyak open source dan plugin yang
mendukung kinerja dari SketchUp.
5. Aplikasi tiga dimensi yang sangat ringan untuk
komputer berbasis standar.
6. Terdapat fitur import file ke ekstensi
seperti 3ds, dwg, pdf, jpg, dan sejenisnya.
7. Dapat dengan mudah mendapatkan fitur-fitur yang
sudah ada di dalamnya dengan melalui 3D Warehouse, bahkan untuk
mengunggah hasilnya di 3D Warehouse.
4. Selain memiliki kelebihan SketchUp juga tidak lepas dari sebuah
kekurangan, adapun kekurangan dari SketchUp adalah:
1. Susah dalam pemodelan tingkat lanjut meskipun
memakai plugin sekalipun.
2. Terjadi Crash apabila terdapat banyak permukaan patch
dan vertex (terjadi apabila mengimpor model tingkat lanjut misal model
manusia dari 3ds max ke SketchUp).
3. semakin berkembangnya teknologi membuat versi dari SketchUp
juga mengalami perkembangan dengan demikian penyesuaian spesifikasi
perangkat lunak yang digunakan juga harus disesuaikan dengan kebutuhan versi
dari SketchUp agar dapat bekerja dengan optimal.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar